Sabtu, 23 Agustus 2014

Kantin Kaget Sapta Posdaya featuring Kelompok 48

Sabtu, 23 Agustus 2014

Assalamualaikum warohmah wabarokah. Salam Sapta !! Saatnya Berkarya !!
Pada kesempatan kali ini, kami akan menyajikan narasi deskriptif  mengenai kegiatan kami pada minggu ke empat bulan Agustus tepatnya hari Sabtu tanggal 23 Agustus 2014 sebagai pelaporan hasil kegiatan yang telah kami laksanakan dilapangan dengan kondisi yang sebenarnya dan dapat dipertanggung jawabkan. Berikut ini paparan mendetail kegiatan kami :
Pagi-pagi kami berangkat menuju lokasi KKN kami, SDN Boro 523. Beberapa saat sebelumnya kami berkumpul terlebih dahulu di basecamp untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Kami membawa perlengkapan perdagangan serta barang-barang dagangan yang meliputi jajanan home made dan jajanan pabrikan yang tentunya sehat dan mengandung nilai gizi. Ya, hari ini kami akan berdagang menjajakan jajanan anak dengan konsep kantin kaget. Awalnya kami berencana hari ini adalah hari pertama berjualan di kantin sehat kami, namun berhubung kantin kami masih dalam tahap finishing, kami akhirnya mengurungkannya dan berinisiatif  untuk mengadakan kantin kaget, aplikasinya tak jauh berbeda dengan bazaar.
Jajanan home made yang kami jual adalah hasil karya rekan-rekan kami antara lain kentang tusuk, primadona bazaar ramadhan part 2 yang laris manis dan banyak diminati (baca : bazaar ramadhan part 2) kentang tusuk ini merupakan hasil karya Gifayatun Hazar Fadilah, selain itu juga ada es kacang hijau dan es blewah hasil kreasi Anggayana SP, dan yang paling istimewa adalah susu sapi olahan dengan aneka rasa hasil kreasi kelompok KKN 48. Ya, dalam hal ini kami terbantu oleh kelompok 48 yang beranggotakan ; Dimas Febri Wibowo, Moch Syaifudin Ishak, Novi Rahmandani dan Rizky Ika Putri yang mana rekan kami di kelompok 48 secara tidak langsung turut berkontribusi dalam melancarkan kegiatan kami pada hari ini, kegiatan kami bisa disebut simbiosis mutualisme karena sama-sama menguntungkan antara kedua pihak, sebab kelompok 48 yang notabene bergerak dibidang ekonomi mendapat media pemasaran ditempat kami, sebaliknya kami juga merasa sangat terbantu dengan adanya kelompok 48 yang menyediakan produk susu olahan yang sedikit banyak mengandung unsur kesehatan sesuai tema kami.
Pukul 09.15 WIB, lima belas menit sebelum bel istirahat berbunyi, kami prepare dengan mengatur lokasi untuk berdagang, dibantu kelompok 48 kami menata meja-meja dan bangku setelah lokasi ditentukan. Lalu kami menata jajanan yang akan diperdagangkan. Tepat lima belas menit kemudian bel istirahat berbunyi, meski banyak pedagang lain yang masih diizinkan berdagang di dalam area sekolah, namun anak-anak lebih prefer pada dagangan kami, mereka berbondong-bondong membeli dagangan kami mulai dari kelas satu hingga kelas enam. Kami pun dibuat kewalahan melayani, ramainya pembeli mengakibatkan dagangan kami habis dalam waktu sekejap, memang kami mengutamakan kualitas tanpa mengurangi nilai rasa meskipun kami mematok harga yang relatif  murah atau bisa disebut harga yang pantas untuk anak-anak sekolah dasar.
Satu persatu dagangan kami ludes, staff guru antara lain bpk Sukamto, bpk Ismanu, bpk Kuswandi, ibu Ummul Aini, ibu Efi, ibu Endang, dan ibu Tika juga turut memborong dagangan kami terutama susu dan kentang tusuk. Dalam hitungan menit dagangan kami sold out.
Setelah itu kami mengembalikan meja dan bangku yang telah kami pergunakan berdagang, menggulung taplak meja dan menyapu sampah yang berserakan disekitar tempat kami berjualan. Lalu kami beramah tamah dengan kelompok 48 didalam perpustakaan sekolah sambil menghitung keuangan hasil perniagaan sebelum akhirnya mereka pamit kembali kelokasi KKN mereka di desa Cemengkalang, kecamatan Sidoarjo.
Demikian pemaparan hasil kegiatan yang dapat kami sampaikan melalui blog ini sebagai laporan rutin untuk pertimbangan penilaian oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) sebagai penyelenggara KKN Tematik Posdaya 2014. Sebelum mengucap kalimat penutup, kami terlebih dahulu mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung, membantu, dan turut melancarkan kegiatan kami pada hari ini terutama pada kelompok 48 yang berkenan bekerjasama dengan kelompok kami, Sapta Posdaya. Kami berharap kerjasama ini dapat berjalan secara berkesinambungan. Untuk pembaca kami selalu menunggu komentar, kritik, ataupun saran yang membangun guna perbaikan penulisan dan kegiatan dimasa yang akan datang. Akhirul kalam ihdinassirathal mustakhim wabilahitaufik walhidayah waridho walinayah wassalamualaikum warohmah wabarokah. Salam Sapta !! Saatnya Berkarya !!

Foto-foto terkait :










0 komentar

Posting Komentar