Rabu, 03 September 2014

Lobbying Rumah Sehat BAZNAS-PGN-AL CHUSNAINI

Assalamualaikum warohmah wabarokah. Salam Sapta !! Saatnya Berkarya !!
   Dalam kesempatan kali ini kami kembali akan memposting rangkaian kegiatan kami yang telah berjalan sebagai pelaporan rutin kepada tim pemantau LPPM selaku panitia KKN-T Posdaya 2014. Narasi deskriptif yang akan kami publikasi melalui blog kami ini berisi cerita singkat tentang proses lobbying terhadap Lembaga BAZNAS Rumah Sehat Al-Chusnaini Sidoarjo yang dilakukan oleh dua rekan kami, Anggayana SP dan Wahyu Rian Hidayat. Proses Lobbying terdiri dari empat tahapan yang masing-masing akan kami jelaskan satu persatu, kerjasama ini bertujuan untuk mengadakan acara penyuluhan kesehatan bertema “Meningkatkan Kemandirian Masyarakat Desa dan Warga Sekolah dalam Menjamin Peningkatan Pangan Jajanan Anak Sekolah yang Aman, Bermutu dan Bergizi Melalui Program KPJAS Secara Berkelanjutan” dan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis (baca : sosialisasi KPJAS dan pengobatan gratis support by Rumah Sehat BAZNAS-PGN-Al-Chusnaini Sidoarjo) berikut lebih jelasnya :

   Lobbying pertama kami lakukan tanggal 6 Agustus 2014, dalam tahap ini kami memperkenalkan diri bahwa kami adalah  mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang saat ini sedang mendedikasikan diriuntuk mengabdi pada masyarakat melalui program KKN-T POSDAYA 2014 dengan tema kesehatan dan sub tema Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah yang sekiranya masih berhubungan erat dengan program kerja Lembaga BAZNAS Rumah Sehat Al-Chusnaini, oleh sebab itu kami menyampaikan bahwa kami ingin mengajukan kerjasama antara kami dan BAZNAS untuk bersama-sama bersinergi mewujudkan tujuan program KPJAS yang merupakan program pemerintah. Kami disambut hangat oleh perwakilan lembaga tersebut yang menemui dan menanggapi pengajuan permohonan dari kami.

   Lobbying kedua, tanggal 15 Agustus 2014, kami kembali bertandang ke Rumah Sehat Al-Chusnaini untuk membahas kelanjutan dari pengajuan permohonan kami tanggal 6 Agustus lalu. Kami disambut oleh perwakilan Rumah Sehat Al-Chusnaini, mas Arfan dan beliau menanggapi positif, menurut keterangan beliau permohonan kami telah sampai pada kepala HRD Rumah Sehat Al-Chusnaini dan telah disetujui oleh BAZNAS pusat, kami tinggal mengumpulkan proposal resmi untuk segera mendapat keputusan akhir mengenai jadwal dan rundown acara.

  Lobbying ketiga, tanggal 19 Agustus 2014. Kami kembali mendatangi Rumah Sehat Al-Chusnaini dengan tujuan mengumpulkan proposal yang diminta oleh pihak BAZNAS, karena mas Arfan tidak ada ditempat, kami menyerahkan proposal dibagian administrasi.

   Lobying terakhir, tanggal 03 September 2014. Kami langsung diundang oleh pihak Rumah Sehat Al-Chusnaini untuk membahas keberlanjutan rencana kerjasama diantara kami. Kami ditemui oleh beberapa petugas Rumah Sehat Al-Chusnaini diantaranya mas Arfan, mbak Ryu, mbak Hilda, dan mas Boy. Yang mana merekalah yang akan turut ambil bagian dalam acara yang kami selenggarakan. Dalam pembahasan kali ini, kami diberitau bahwa waktu pelaksanaan acara adalah tanggal 15 September 2014, ada beberapa syarat yang harus kami penuhi diantaranya kuota pasien tak kurang dari 120 orang yang terekomendasi dari instansi terkait dan termasuk dalam 8 golongan. Kami pun menyanggupi karena kami yakin kami dapat memenuhi target. “Insya Alloh” jawab kami.


   Demikian laporan kegiatan yang telah kami laksanakan dilapangan dan dapat kami publikasikan melalui blog ini. Kami berterimakasih kepada Lembaga Badan Amil Zakat Nasional-Rumah Sehat PGN-Al-Chusnaini atas persetujuan permohonan kerjasama oleh kami, kami berharap sinergi yang terbangun antara mahasiswa KKN Sapta Posdaya bersama BAZNAS dapat membentuk simbiosis mutualisme antara kedua pihak, kami dapat menjalankan program kerja Kuliah Kerja Nyata kami dan BAZNAS dapat bersosialisasi serta memperkenalkan diri mengenai program kerjanya untuk mengabdi pada masyarakat. Akhir kata, Salam Sapta !! Saatnya Berkarya !!

0 komentar

Posting Komentar