Sabtu, 06 September 2014

Kuis Seputar KPJAS & Tebak Zat Gizi Makanan

Sabtu, 6 September 2014.
Assalamualaikum warohmah wabarokah, Salam Sapta !! Saatnya Berkarya !!
Pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan laporan kegiatan secara deskriptif dalam bentuk narasi yang kami publikasikan di blog ini sebagai referensi pembaca dan laporan rutin pada LPPM untuk memonitoring apa saja yang dilakukan mahasiswa KKN dilapangan termasuk kami, Sapta Posdaya. Kegiatan kami pada hari ini, Sabtu 6 September 2014 tergolong kegiatan sederhana yang bertujuan untuk melakukan pendekatan pada anak-anak agar lebih memahami masalah KPJAS dan seluk beluknya selain dengan cara penyuluhan secara lisan dan tulisan. Cara yang kami tempuh untuk hal ini adalah pemberian tugas membuat klipping untuk siswa-siswi kelas 6. Berikut paparan lebih jelasnya :
Pagi-pagi sekitar pukul 7.30 kami berangkat dari basecamp menuju lokasi KKN kami, SDN Boro No.523. agenda kami hari ini adalah memberikan tugas membuat klipping sebagai sarana penyuluhan namun dengan metode yang berbeda, sebab penyuluhan tidak selalu harus disampaikan secara lisan mengingat yang kami hadapi adalah anak-anak, ada beragam cara sebagai langkah pendekatan seperti kegiatan yang kami lakukan sekarang ini. Pemberian tugas klipping ini sudah lama kami rencanakan, hari ini realisasinya. selain penugasan klipping, hari ini kami juga telah mempersiapkan list pertanyaan seputar empat sehat lima sempurna, vitamin sayur dan buah dan bahaya jajan sembarangan yang akan kami berikan pada siswa-siswi dengan model kuis. Ya, cara ini kami pandang lebih mengena dibanding cara lain seperti penyuluhan lisan.
“kuis” tanya jawab ini kami mulai setelah kami memberikan dan menjelaskan tugas klipping yang harus mereka buat dan kumpulkan sabtu depan. Kuis ini kami lakukan dengan cara regulasi atau bergantian, dua orang pertama yakni adik Intan dan adik Nadia maju untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan dilontarkan oleh dua rekan kami Wahyu Rian Hidayat dan Laili Ratnawati. “buah apa yang banyak mengandung vitamin C?” tanya Wahyu Rian pada Intan “jeruk, jambu dan mangga kak” jawab Intan dengan penuh keyakinan dan jawaban Intan benar. “zat apa yang dikandung sayuran ?” tanya Laili pada Nadia yang langsung dijawab Nadia dengan jawaban yang tepat “zat besi” teriaknya. Dua siswi ini menjadi contoh siswa-siswi yang lain yang harus memperoleh nilai lebih tinggi dari mereka berdua. Lalu pertanyaan-pertanyaan lain kami lontarkan pada “peserta kuis” selanjutnya hingga jam dinding kelas menunjukkan jam 10.00, waktunya siswa-siswi mengikuti kegiatan pramuka, kami pun mengakhiri kegiatan ini dan mengingatkan kembali siswa-siswi kelas 6 mengenai tugas klipping yang sabtu besok kami akan kembali untuk “menagih” tugas serta mengevaluasinya. Setelah itu kami mengarahkan mereka menuju lapangan untuk mengikuti kegiatan pramuka bersama kami dan pembina pramuka SDN Boro, bpk Hasan Bisri.

Demikian kegiatan sederhana yang dapat kami rangkum ceritanya secara singkat dalam bentuk narasi deskriptif ini. Sekian dari kami, atas kurang dan lebihnya kami memohon maaf, akhir kata Salam Sapta !! Saatnya Berkarya !!

Foto-foto terkait :






0 komentar

Posting Komentar