Sabtu, 19 Juli 2014

3 in 1 (3 Kegiatan dalam 1 Hari)

Hari, Tgl Kegiatan    : Sabtu, 19 Juli 2014
Kegiatan                  : K1
Bentuk Kegiatan      : Pondok Ramadhan, Penyuluhan KPJAS, Buka Bersama
Sasaran Kegiatan     : Siswa - Siswi SDN Boro & Guru
Uraian Kegiatan       :



          Sabtu, 19 Juli 2014. Kami Sapta Posdaya bersama SDN Boro kembali berhajat, kali ini hajat kami ialah pondok ramadhan yang sekaligus dilanjutkan dengan penyuluhan tentang jajanan dan makanan sehat yang menyasar siswa dan siswi kelas 6 SDN Boro dan ditutup dengan buka bersama siswa siswi serta segenap dewan guru yang hadir. Berikut sedikit ulasan acara yang kami selenggarakan :

1. Pondok Ramadhan.
Jauh hari sebelumnya kami memohon izin terlebih dahulu kepada kepala sekolah dan guru agama SDN Boro untuk mengadakan pondok ramadhan khusus. Awalnya kami plan jadwal sabtu pagi, namun kepala sekolah, Drs.Sulaiman tidak memperkenankan karena anak-anak paginya akan mendapatkan materi pondok ramadhan dari sekolah, akhirnya kami diberikan solusi dengan mengadakan acara pondok ramadhan tambahan pada sore harinya. Kamipun menyetujui usulan tersebut.

Sebenarnya kami sempat pesimis acara kami akan berhasil, sebab kami telah memperkirakan jika siswa-siswi disuruh untuk kembali ke sekolah, kecil kemungkinan mereka mau datang. Namun, event must go on. Acara ini harus tetap berlanjut dan kami siap menanggung segala kemungkinan yang akan terjadi.

Tepat jam 3 sore, kami datang ke SDN Boro dengan senyuman lega. Ternyata anak-anak begitu antusias, mereka menunggu kami dihalaman sekolah. Akhirnya kami prepare materi dan segala sesuatunya. Setelah itu kami mempersilahkan anak-anak untuk masuk kedalam ruang kelas yang telah disediakan.

Acara kami mulai pukul 15.30 WIB. Dibuka oleh salah satu anggota Sapta Posdaya yakni Ariani Ika Fidianti sebagai MC, dilanjutkan dengan sambutan oleh guru agama SDN Boro yakni bpk Bisri S.Pd, Sambutan KorDes Sapta Posdaya Agus Aprianto, pembacaan doa oleh Anggayana SP dan sedikit review tentang pondok ramadhan di sekolah pagi tadi yang dibawakan oleh Wahyu Rian Hidayat.

2. Penyuluhan
            Setelah review materi pondok ramadhan yang diberikan sekolah paginya, sampailah kami pada inti acara, yakni penyuluhan tentang jajanan dan makanan sehat yang materinya disediakan oleh Fanida Ika Rachmaniyah dan dibawakan oleh Mukhtajuddin. Sedikit ulasan materi penyuluhan ini adalah seputar jenis-jenis makanan, makanan 4 sehat 5 sempurna, jajanan sehat dan aman, dll.

            Setelah penyuluhan selesai, kami mencoba menguji daya ingat anak-anak dan seberapa mereka memperhatikan penyaji dalam menyampaikan materi penyuluhan dengan kuis berhadiah. Anak-anak kami berikan pertanyaan seputar materi dan bila mereka bisa menjawab, kami memberikan masing-masing satu hadiah sebagai reward yang kami sediakan dari swadaya masing-masing anggota Sapta Posdaya.

            Ternyata mereka anak-anak yang cerdas !! satu pertanyaan , sepuluh mengangkat tangan. “saya kak....saya kak...” teriak mereka antusias. Akhirnya kami berhenti memberikan pertanyaan ketika kami tau hadiah telah habis dan juga karena keterbatasan waktu, sebab akan memasuki waktu maghrib.

3. Buka Bersama.
            Suara adzan berkumandang, waktu maghrib pun tiba. Saatnya kami menutup acara dengan berbuka bersama dengan menu sehat tentunya. Sebelumnya kami telah membagi tugas dalam menyediakan menu berbuka. Ya, menu yang kami sediakan adalah ayam panggang, sayur asam, tempe goreng dari Laili Ratnawati, nasi dari Gifayatun Hazar, dan buah pisang sebagai pencuci mulut yang disediakan oleh Wahyu Rian Hidayat. Khusus untuk guru, kami menyediakan menu tambahan yakni Urap - Urap Sayur yang dibawakan Ariani Ika dan Rempeyek Teri yang dibawakan oleh Miftakhul Huda. Tak lupa juga kami menyediakan Es Blewah yang dibawakan Erricha Paramitha.

            Sebelum berbuka, kami membagikan takjil berupa roti yang dibawakan Anggayana SP dan dua karton air mineral dari Mukhtajudin untuk anak-anak sebagai pengganjal perut karena setelah ini mereka akan menunaikan sholat maghrib secara berjamaah terlebih dahulu. Setelah sholat selesai, mereka berbaris dengan disiplin menunggu giliran mendapat hidangan berbuka. Setelah mendapatkan bagiannya, mereka kembali ke kelas untuk menikmati santapan berbuka bersama-sama. Begitu juga dengan bapak dan ibu guru, kami pun bergabung, berbaur menikmati suasana kekeluargaan yang erat dirasa.

            Pukul 18.30 WIB, kami menutup acara ini dengan doa bersama berharap agar kegiatan kami hari ini mendapat ridho dan barokah Alloh SWT, dan semoga acara yang terselenggara ini dapat bermanfaat untuk kami semua khususnya untuk siswa-siswi SDN Boro. Setelah itu mereka satu persatu meninggalkan sekolah.

            Setelah itu kami berberes kelas dan segala perkakas yang kami pakai. Ternyata masih ada sisa makanan, kamipun berinisiatif membungkusnya dan membagikannya sebagai buah tangan pada para guru yang hadir. Sesaat kemudian para anggota remaja karang taruna RW 01 desa Boro datang untuk menata lokasi bazaar kedua keesokan harinya. Kamipun membagi makanan yang masih tersisa pada mereka sembari membahas kegiatan bazaar kedua yang akan kami ikuti (lagi).

            Demikian rangkaian kegiatan Sapta Posdaya yang dapat kami rangkum dan kami laporkan melalui blog ini. Kami berterima kasih kepada bpk kepala sekolah SDN Boro beserta staff dewan guru yang sudi memberikan izin untuk kami menyelenggarakan kegiatan minggu ini dan terima kasih pula atas segala dukungan yang diberikan sehingga kegiatan KKN kami berjalan lancar tanpa halangan yang berarti. Kami berterima kasih pula kepada Dosen Pembimbing Lapangan yang selalu memberi arahan dan motivasi pada kami sehingga dapat mengobarkan semangat pada diri kami baik secara kelompok maupun secara individual. Sebagai manusia yang serba kekurangan, kami memohon maaf atas kesalahan kata atau kalimat yang ada dalam tiap artikel yang kami posting, untuk itu kami memohon saran, kritik, dan komentar positif yang membangun untuk perbaikan dimasa yang akan datang.

Foto - foto terkait :

Ariani membuka acara 3 in 1
Takjil dahulu, Berbuka kemudian








Sambutan KorDes, Agus Aprianto
Angga memimpin doa pembuka








Rian mereview pondok ramadhan
Rian dan Laili menguji kepahaman siswa








Pemberian Reward
Pemberian Reward








Pemaparan Menu Sehat
Pemaparan Zat Gizi Makanan






Pemberian Reward

Pemberian Reward 

Sholat Maghrib berjamaah  
Pemberian Cinderamata







0 komentar

Posting Komentar