Sabtu, 13 September 2014

Praja Muda Karana Episode #2

Sabtu, 13 September 2014.
Assalamualaikum warohmah wabrokah. Salam Sapta !! Saatnya Berkarya !!
Dalam kesempatan kali ini kami akan melanjutkan narasi yang merupakan sambungan dari serangkaian kegiatan pramuka dalam tiga minggu terakhir dibulan september, yakni tanggal 3 September (baca : praja muda karana eposode perdana), tanggal 13 September (hari ini) dan tanggal 20 September (coming soon) lalu dilanjutkan dengan kegiatan perkemahan sabtu minggu (persami) yang diadakan tanggal 27-28 September sebagai puncaknya dan pertanda bahwa kegiatan pramuka SDN Boro kini “hidup” kembali semenjak SDN Boro ditunjuk sebagai pemenang lomba gugus kecamatan Tanggulangin. Berikut paparan hasil kegiatan kami lebih jelasnya :
Usai melakukan evaluasi terhadap tugas kliping yang kami berikan dua minggu lalu kepada siswa-siswi kelas 6A dan 6B (baca : penugasan kliping tema kesehatan), sekitar jam 10.00 kami berlanjut pada kegiatan berikutnya, yakni kegiatan ekstra kulikuler pramuka yang kedua kalinya diadakan setelah seminggu sebelumnya diadakan perdana karena selama ini memang pramuka “mati suri” di SDN Boro, bahkan tidak hanya SDN Boro yang mengalami, SDN lain pun juga sama. Namun semenjak adanya lomba gugus sekabupaten Sidoarjo, semua SD berlomba memenuhi persyaratan agar menjadi pemenang, salah satu syarat utamanya adalah hidupnya kegiatan pramuka. Nah dari sini timbul kesadaran dari pihak sekolah untuk kembali mengaktifkan kegiatan pramuka sebagai ekstra kulikuler wajib, kami sebagai mahasiswa KKN juga turut andil mendorong pihak sekolah agar segera mengaktifkan kegiatan pramuka yang telah lama nonaktif, tujuannya bukan hanya berharap menjadi pemenang lomba gugus namun lebih kearah pengembangan potensi siswa-siswi agar menjadi anak yang terampil, mandiri, cekatan, tangkas dan cerdas serta bersikap tegas melalui pramuka.
Kegiatan pramuka hari ini yakni penjelajahan, sebelumnya siswa-siswi peserta pramuka di briefing sebentar mengenai rute perjalanan penjelajahan dan kode suara. Ya, peserta pramuka penggalang yang megikuti kegiatan hari ini terbagi menjadi beberapa kelompok, diantaranya kelompok kelas 5 putra, kelas 5 putri, kelas 6 putra dan kelas 6 putri, seluruh kelompok mendapat kode suara, kelompok pertama kelas 5 putra bersuara ala harimau “auuuummm”, 5 putri bersuara ala kambing “emmbeeek”, kelompok kelas 6 putra bersuara ala serigala “auuuuuuu” dan kelas 6 putri bersuara ala lembu “mooooo”, ketika kakak pembina, Bpk Hasan Bisri berteriak Lembu ! maka grup lembu menjawab dengan suara ala lembu “mooooo” dan seterusnya. Setelah itu penjelajahan dimulai, seluruh anggota kami yang berjumlah sepuluh orang terbagi menjadi lima tim yang masing-masing tim beranggota dua orang untuk menjaga dan mengawasi siswa-siswi yang keluar masuk jalan perkampungan desa Boro. Dua rekan kami, Anggayana SP dan Miftakhul Huda memandu kelompok serigala, sementara Wahyu Rian Hidayat dan Laili Ratnawati memandu kelompok Lembu, Fanida Ika dan Erricha Paramitha memandu kelompok kambing dan satu  kelompok lain dipandu oleh Agus Aprianto, Mukhtajudin, Ariani Ika dan Gifayatun Hazar.
Kami berkeliling menyusuri jalan desa, lika-liku, tanjakan, lubang kami lewati, ditengah perjalanan, anak-anak kembali di briefing singkat, yakni diperintahkan mengambil batu berwarna merah yang ditemui dijalan. Sesampai kembali di sekolah, anak-anak mengumpulkan batu-batu merah yang mereka ambil dalam perjalanan penjelajahan tadi. Bagi kelompok yang anggotanya kedapatan tidak membawa batu merah, kami memberi sanksi hukuman berupa mengumpulkan sampah yang berserakan di halaman sekolah dan kemudian untuk dibuang di tempat sampah. Lalu kami berteriak bersahutan, “serigala !!” dan mereka menyahuti “auuuuuuu”...gelak tawa pecah mengiringi teriakan demi teriakan yang bersahutan.
Sekitar pukul 11.30 seluruh pasukan dibubarkan dan dipersilahkan pulang. Sementara kami mengistirahatkan badan kami sejenak sebelum akhirnya berpamitan kepada para guru yang masih stay dikantor.

Demikian sedikit pemaparan kegiatan yang kami jalankan dilapangan dan dapat kami rangkum secara singkat dalam bentuk narasi deskriptif sebagai laporan rutin melalui blog ini. Terima kasih kepada seluruh pihak yang setia membaca artikel-artikel yang kami posting, untuk penulisan yang lebih baik lagi dimasa mendatang, kami mengharapkan adanya kritik, saran, dan komentar yang membangun. Sekian laporan dari kami, kurang lebihnya kami mohon maaf, akhir kata Salam Sapta !! Saatnya Berkarya !!

Foto-foto terkait :






















0 komentar

Posting Komentar