Senin, 15 September 2014

Sosialisasi KPJAS dan Pengobatan Gratis support by Rumah Sehat BAZNAS-PGN-AL CHUSNAINI Sidoarjo

Senin, 15 September 2014.
Assalamualaikum warohmah wabarokah. Salam Sapta !! Saatnya Berkarya !!
         Seperti sebelumnya, dalam kesempatan kali ini, kami akan memaparkan rangkaian kegiatan kami dalam bentuk deskriptif sebagai laporan riil yang dapat dipertanggung jawabkan mengenai kegiatan-kegiatan kami yang telah kami laksanakan dilapangan. Kali ini kami mendeskripsikan  kegiatan kami pada hari Senin tanggal 15 September 2014 yang mana kegiatan ini merupakan kegiatan inti (K1) yang terselenggara berkat kerjasama dengan Lembaga Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Rumah Sehat Al-Chusnaini Sidoarjo. Berikut gambaran lebih detailnya :
Pagi-pagi kami berangkat ke lokasi KKN kami, SDN Boro 523. Sebelumnya kami berkumpul di basecamp untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Jam 6.30 kami sampai dilokasi, kebetulan hari ini adalah hari senin, siswa-siswi serta bapak dan ibu guru disibukkan dengan persiapan upacara rutin. Kami tak kalah sibuk dengan mereka, selagi seluruh warga sekolah menjalankan upacara bendera, kami menyibukkan diri menata ulang dua ruang kelas yang akan digunakan sebagai ruang penyuluhan dan ruang pemeriksaan kesehatan gratis.
Ya, agenda kami hari ini memang merealisasikan program kerja yang telah lama kami rencanakan, bekerjasama dengan BAZNAS dan Rumah Sehat Al-Chusnaini kami menyelenggarakan acara penyuluhan bertema “Meningkatkan Kemandirian Masyarakat Desa dan Warga Sekolah dalam Menjamin Peningkatan Pangan Jajanan Anak Sekolah yang Aman Bermutu dan Bergizi Melalui Program KPJAS yang Berkelanjutan” dan pemeriksaan serta pengobatan gratis yang menyasar wali murid dan warga desa Boro yang notabene termasuk dalam 8 golongan, selain itu kami juga turut mengundang pedagang disekitaran SDN Boro dengan tujuan meningkatkan pengetahuan keamanan jajanan agar mereka lebih intens dalam memilih bahan-bahan yang diolah menjadi panganan jajanan yang sebagian besar konsumennya adalah anak-anak yang metabolisme tubuhnya rentan terhadap bahan kimia. Dalam hal ini kami juga melibatkan siswa dan siswi serta dokter kecil SDN Boro.
Setelah semua fix, kami bersiap-siap diposisi masing-masing. Karena acara dibagi menjadi dua di ruangan yang berbeda, kami pun berbagi tugas. Sepuluh orang anggota Sapta Posdaya kami bagi dua orang di bagian administrasi pelayanan kesehatan, dua orang dibagian penerimaan tamu undangan penyuluhan, dua orang bertindak mengarahkan tamu dan empat lainnya stay diruangan penyuluhan untuk memberikan sambutan perkenalan dan MC. Sesuai dengan jadwal dalam susunan acara, kami baru bisa memulai jam 9 pagi karena BAZNAS baru akan datang pada jam kerja (jam kerja BAZNAS mulai jam 8.30 pagi), namun sekitar pukul 08.00 WIB sudah ada warga desa yang mendaftarkan diri untuk pemeriksaan kesehatan gratis dibagian administrasi yang ditangani oleh rekan kami, Erricha Paramitha Dewi dan Fanida Ika Rachmaniyah.
Menyambut kedatangan Bpk Drs.H.Ainuri, KaDes Boro.
Istimewanya acara kami, bpk Drs.H.Ainuri yang merupakan Kepala Desa Boro turut hadir dalam acara kami. Ya, beliau hadir untuk memantau acara yang dihadiri oleh sebagian besar warga desa Boro yang notabene menjadi tanggung jawab beliau. Jam 8.15 acara kami mulai dengan sambutan-sambutan. 
Sambutan yang pertama disampaikan oleh rekan kami Wahyu Rian Hidayat selaku perwakilan Sapta Posdaya, dilanjutkan sambutan dari bpk Drs.H.M.Ismanu yang bertindak sebagai perwakilan Kepala Sekolah yang berhalangan hadir, terakhir sambutan disampaikan bpk Drs.H.Ainuri yang notabene adalah tokoh masyarakat. Dalam sambutannya, bpk Kepala Desa juga sedikit memberi penyuluhan  betapa pentingnya peranan orang tua dalam mengawasi keamanan jajanan anak, begitu juga dengan bpk Ismanu yang membahas tentang isu-isu penculikan yang marak terjadi dengan korban anak-anak yang bertujuan mengingatkan wali murid agar selalu waspada menjaga putera dan puterinya.
Tepat jam 9 pagi, BAZNAS tiba dilokasi, melihat calon pasien yang sudah ramai mengantri, para petugas medis BAZNAS pun langsung mengambil tempat untuk segera melayani para calon pasien yang telah menunggu ditempat yang kami sediakan. Satu persatu warga mulai memasuki ruangan pemeriksaan untuk mendapatkan pelayanan oleh petugas medis yang ramah tamah. Sementara dua dokter BAZNAS memasuki ruangan penyuluhan untuk menyampaikan materi seputar Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah. Acara kami yang sudah cukup istimewa dengan kehadiran Kepala Desa Boro, kini bertambah istimewanya karena beberapa saat acara dimulai, Ibu Isnaini Rodiyah M.Si yang merupakan Dosen Pembimbing Lapangan kami turut menghadiri kegiatan ini, beliau memang kami undang untuk menghadiri acara penyuluhan dan pelayanan kesehatan ini, namun selain itu beliau juga memenuhi permintaan kami untuk menjadi saksi serah terima kantin sehat yang telah berdiri oleh kami untuk SDN Boro (baca : potong pita peresmian kantin).
Bersama Ny.Retno Sentot, Bu Camat Tanggulangin
Penyuluhan selesai tepat jam 10.00, seluruh wali murid yang tadinya mengikuti penyuluhan langsung kami arahkan agar mengikuti pemeriksaan kesehatan secara gratis diruang sebelah. Karena dua rekan kami dibagian administrasi pelayanan kesehatan mengalami kewalahan, akhirnya rekan-rekan yang lain membantu mencatat data warga serta wali murid yang terus bertambah untuk daftar pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis. Sesaat kemudian, ada sebuah mobil plat merah memasuki pekarangan SDN Boro, kami memperhatikan dua orang turun dari mobil dan memasuki ruang kepala sekolah. Tak berapa lama, orang itu mendekati kerumunan warga ditempat pendaftaran pemeriksaan kesehatan dan bertanya “bagaimana ? banyak yang daftar?” tanyanya dengan senyuman ramah, kami pun menjawab “Alhamdulilah, respon masyarakat cukup baik mengenai kegiatan kami”. Lalu salah satu guru SDN Boro, Ibu Efi, memperkenalkan beliau yang cukup membuat kami tertegun. Ya Alloh, betapa besar tanggapan para tokoh mengenai kegiatan kami, ternyata beliau adalah Ny.Retno Sentot, Bu Camat Tanggulangin yang sengaja datang untuk memantau kegiatan kami di SDN Boro yang tertunjuk sebagai sekolah terbaik dan Gugus 01 kecamatan Tanggulangin. Kami pun beramah tamah dengan beliau sebelum akhirnya beliau pamit karena adanya urusan pekerjaan dilain tempat.
Pukul 12.00 WIB tepat kami menutup pendaftaran pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis karena memang BAZNAS memberikan batasan waktu pendaftaran hingga jam 12 siang. Kami membantu mengarahkan pasien-pasien yang tersisa diruang tunggu satu persatu hingga mereka berangsur meninggalkan lingkungan sekolah. Alhamdulillah, kami memenuhi target yang disyaratkan oleh Baznas sebelumnya yakni 120 pasien, bahkan melebihi kuota karena pasien yang berobat sebanyak 150 pasien. Setelah itu, seluruh guru dan juga anggota Sapta Posdaya juga melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum para petugas medis BAZNAS kembali ke tempat tugasnya di Rumah Sehat Al-Chusnaini tepat jam 1 siang. Kami pun mengakhiri acara ini dengan makan siang bersama sama dilanjutkan sholat dzuhur berjamaah kemudian berlanjut bergotong royong menata kembali ruang kelas yang kami pergunakan untuk kegiatan kami karena keesokan harinya kelas dipakai kegiatan belajar mengajar seperti biasa.
Demikian kegiatan Sapta Posdaya dalam minggu ini yang dapat kami deskripsikan melalui blog kami, sebelum akhirnya kami mengucap kata penutup, kami terlebih dahulu mengucapkan terima kasih kepada bpk Drs.H.Ainuri Kepala Desa Boro dan Ny.Retno Sentot Bu Camat Tanggulangin yang telah berkenan bertandang dan memantau jalannya kegiatan kami yang melibatkan warga desa, terimakasih kedua kami ucapkan kepada bpk Drs.H.M.Ismanu yang bertindak sebagai perwakilan sekolah dalam memberikan sepatah kata sambutan dan penyuluhan singkat terhadap tamu undangan, terima kasih ketiga kami ucapkan kepada Dosen Pembimbing Lapangan kami, Ibu Isnaini Rodiyah M.Si yang senantiasa memberikan motivasi, wejangan, nasihat dan pesan-pesan yang selalu menginspirasi dan membangun agar kegiatan kami kedepannya lebih baik dan lebih baik lagi serta atas sudinya beliau datang memenuhi permintaan kami. Ucapan terimakasih keempat kami ucapkan pada perwakilan kelompok 8 “solid”, Achmad Yunus dan Dwi Safitri juga perwakilan kelompok 4, Nur Fitriah Zumroti serta seluruh pihak yang telah membantu jalannya kegiatan kami pada hari ini yang tak dapat kami sebutkan satu persatu. Puji syukur juga wajib kami panjatkan kehadirat Alloh SWT karena berkat rahmat dan hidayahnya acara yang kami selenggarakan dapat berjalan lancar tanpa halangan yang berarti. Seperti biasa, kami sebagai manusia yang serba kekurangan senantiasa memohon adanya kritik, saran dan komentar yang membangun untuk perbaikan penulisan serta kegiatan kami dimasa yang akan datang. Akhir kata, Salam Sapta !! Saatnya Berkarya !! Wassalamualaikum warohmah wabarokah..

Foto-foto terkait :










































0 komentar

Posting Komentar