Sabtu, 13 September 2014

Pemberian Tugas Klipping Kesehatan

Sabtu, 13 September 2014.
Assalamualaikum warohmah wabarokah. Salam Sapta !! Saatnya Berkarya !!
Pada kesempatan kali ini kami kembali akan mempublikasikan narasi deskriptif mengenai hasil kegiatan kami pada minggu kedua bulan Agustus yang telah terlaksana sebagai laporan rutin pada LPPM dan referensi bagi pembaca. Kegiatan yang kami laksanakan pada hari Sabtu tanggal 13 September 2014 ini merupakan keberlanjutan kegiatan satu minggu yang lalu yakni pemberian tugas klipping dengan tema kesehatan kepada siswa-siswi kelas 6 dan pada hari ini adalah batas waktu pengumpulan tugas tersebut. berikut pemaparan lebih jelasnya :
Jam dinding dikelas 6 menunjukkan pukul 8.10. tak terlihat adanya kegiatan belajar mengajar seperti biasanya pada jam yang sama dikelas 6. Ya, hari Sabtu memang hanya ada satu jadwal pelajaran yang dimulai pukul 7.00 sampai pukul 8.00, setelahnya siswa-siswi kelas 6 akan mengikuti kegiatan pramuka yang dimulai pukul 10.00 seperti sabtu lalu (baca : praja muda karana episode perdana). Memang sejak SDN Boro menjadi pemenang lomba gugus kegiatan pramuka mulai di aktifkan kembali bahkan menjadi ekstrakulikuler wajib. Adanya jam kosong sebelum dimulainya pramuka kami manfaatkan untuk mengarahkan siswa-siswi memasuki ruang kelas dan mengumpulkan tugas yang kami berikan sabtu lalu.
Flashback : sabtu lalu memang kami memberikan tugas klipping kepada siswa-siswi kelas 6A dan 6B, temanya adalah buah, sayur, makanan pokok dan akibat jajan sembarangan. Bahan materi klipping dapat mereka ambil dari berbagai media seperti majalah, koran bahkan internet. Klipping terbaik akan mendapat reward dari kami sebagai motivasi agar mereka lebih bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas apapun dimasa yang akan datang.
Setelah seluruh siswa terkumpul disatu kelas, tanpa kami komando mereka mengumpulkan tugas mereka. Setelah seluruh klipping terkumpul dimeja, kami menatanya dan langsung melakukan evaluasi untuk mengukur seberapa mereka memahami tentang isi klipping yang mereka buat dan juga sebagai pembuktian apakah mereka hanya sekedar menempel atau juga mempelajarinya. Semua akan dibuktikan melalui evaluasi ini.
Sepuluh anggota Sapta Posdaya berpencar, satu orang mengevaluasi satu kelompok. kebetulan jumlah kelompok ada 10 (jumlah siswa 50, 1 kelompok 4-5 anak) evaluasi ini meliputi isi klipping yang dibuat masing-masing kelompok. misalnya kelompok 5 yang dievaluasi oleh rekan kami Anggayana SP. Anggayana melontarkan beberapa pertanyaan seputar klipping berjudul kandungan gizi makanan pokok karya kelompok 5 itu. “apa yang terkandung dalam nasi ?” tanyanya yang langsung disahuti oleh kelima anggota kelompok 5 “karbohidrat” dengan suara keras hampir bersamaan. Ternyata mereka cukup paham mengenai hal ini, puas rasanya bahwa penugasan ini dapat bermanfaat bagi mereka sebagai penambah wawasan dan pemahaman mengenai kandungan gizi dan bahaya jajan sembarangan.
Setengah jam kegiatan evaluatif ini berlangsung, kegiatan ini kami akhiri dengan pemberian penjelasan mengenai masing-masing judul klipping yang mereka buat. Setelahnya klipping kami ambil alih untuk kami koreksi lebih lanjut. Setelah itu, mereka kami arahkan untuk berkumpul dilapangan karena sebentar lagi kegiatan pramuka akan dimulai.

Demikian hasil kegiatan kami dilapangan yang telah terlaksana, kami berharap dengan adanya penugasan klipping ini siswa-siswi dapat memahami lebih dalam mengenai KPJAS melalui penyuluhan tidak langsung dengan pendekatan pemberian tugas klipping itu sendiri. Sekian yang dapat kami sampaikan untuk kurang lebihnya kami mohon maaf, akhir kata Salam Sapta !! Saatnya Berkarya !!

Foto-foto terkait :











0 komentar

Posting Komentar