Sabtu, 20 September 2014

Praja Muda Karana Episode #3

 Sabtu, 20 September 2014
Sabtu, 20 September 2014, kami di SDN Boro membantu Pak Bisri dan Bu Efi untuk memberikan pembelajaran dalam hal tali-menali. Tujuan dalam latihan ini yaitu untuk menguji kekompakan mereka dalam suatu tim, agar para siswa siswi juga lebih cekatan dan terampil untuk melakukan segala sesuatu, serta mempersiapkan diri untuk bekal menjelang persami.
Dalam kegiatan ini dibentuk menjadi beberapa regu yang masing-masing beranggotakan 12 orang, setiap regu diberi tugas untuk menyambung 3 buah tongkat secara memanjang dan ujung tongkat tersebut telah diberi sebuah bendera kecil dengan nama regu masing-masing kelompok. 
Setelah semua tongkat telah tersambung, masing-masing kelompok harus dapat membuat tongkat itu berdiri tegak dengan alat seadanya, yaitu tali, tongkat dan pohon yang ada disekitarnya dan tanpa ada alat lain kecuali tiga benda tersebut dalam waktu 30 menit. Apabila tongkat yang telah disusun itu terjatuh, maka satu regu akan mendapatkan sanksi dari pembina mereka.
Tidak lupa, kami juga membantu masing-masing regu untuk melakukan proses tali-menali dan melihat kekompakan, kecepatan dan ketangkasan mereka bekerja dalam satu tim. Setelah semua selesai melakukannya, tidak ada satu pun dari beberapa tongkat yang terjatuh, sehingga mereka semua terbebas dari sanksi atau hukuman yang akan diberikan apabila tongkat yang mereka buat itu terjatuh.
Waktu sudah menunjukkan pukul 12 siang dan waktunya para siswa untuk mengakhiri kegiatan pramuka ini. Sebelum pulang mereka harus membongkar kembali tongkat dan tali mereka seperti semula hingga selesai.

Demikian paparan kegiatan kami dalam minggu ke tiga bulan september dengan tajuk pramuka ini kami tulis sebagai laporan hasil kegiatan kami dilapangan. Kegiatan pramuka yang telah “dihidupkan” kembali ini kami harapkan terus berjalan secara berkelanjutan mengingat SDN Boro adalah Gugus Depan kecamatan Tanggulangin dan Pramuka kini adalah kegiatan wajib disetiap sekolah. Dan kegiatan PerSaMi yang kami selenggarakan atas izin Kepala Sekolah SDN Boro dan Pembina Pramuka SDN Boro pada tanggal 27-28 September esok merupakan prolog kegiatan pramuka yang mulai kembali “hidup” di SDN Boro ini. akhir kata, Salam Sapta !! Saatnya Berkarya !!

Foto-foto terkait :
Angga dan Fanida disela-sela kegiatan pramuka

Pembagian Kelompok

Huda bersama regu andalannya

Laili dan Fanida membantu tali menali

Laili, Fanida, Huda dan Agus bersama regunya masing-masing

Rian bersama ibu Ummul Aini, wali kelas 1

Agus dan regunya

Huda dan regunya

Panas tak mengurangi semangat patriot mereka

Best Team

Bu Efi dan regunya

Fanida dan regunya

Peace starts with me

Rian dan regunya


0 komentar

Posting Komentar