Minggu, 21 September 2014

Sapta Posdaya featuring Kelompok 48

Minggu, 21 September 2014.
Assalamualaikum warohmah wabarokah. Salam Sapta !! Saatnya Berkarya !!
Pada kesempatan kali ini kami kembali akan memaparkan hasil kegiatan yang kami kerjakan dilapangan sebagai pelaporan rutin pada LPPM dalam bentuk narasi deskriptif yang kemudian kami posting dan publikasikan melalui blog ini sebagai referensi bagi pembaca. Kegiatan yang telah terlaksana pada Minggu 21 September 2014 ini adalah kegiatan yang terselenggara berkat adanya kerjasama antara Sapta Posdaya bersama Kelompok 48 yang bergerak dengan tema ekonomi pengelolahan susu sapi perah di kelurahan Cemengkalang Kecamatan Sidoarjo. Berikut paparan lebih lanjutnya :
Sekitar pukul 7.30 kami berkumpul di homestay rekan kami Wahyu Rian Hidayat yang terletak tak jauh dari lokasi acara kelompok 48. Ya, kami mendapat kehormatan berupa undangan resmi langsung dari Koordinator Desa (kordes) kelompok 48, Dimas Febri Wibowo untuk menghadiri kegiatan kelompok 48 yang diadakan di balai kelurahan Cemengkalang kecamatan Sidoarjo, dalam kesempatan kali ini kami tidak menyia-nyiakan kegiatan yang ada dan moment yang pas ini, kami pun berinisiatif untuk menambah rundown acara dengan penyuluhan mengenai tema kami yakni Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah dan Manfaat Susu untuk Kesehatan yang mana akan menyasar pengunjung yang sebagian besar adalah ibu-ibu yang mungkin juga wali murid atau pedagang jajanan.
Pukul 8.00 setelah memastikan seluruh anggota kami telah terkumpul, kami langsung berangkat menuju lokasi kegiatan, disana kami disambut hangat oleh ibu-ibu PKK yang juga akan mengikuti kegiatan ini, lalu kami dipersilahkan stay sementara di ruang serbaguna dilantai atas gedung kelurahan. Didalam, kami membantu menata konsumsi dan alat peraga karena memang agenda kelompok 48 hari ini adalah memberikan pelatihan pengolahan susu dengan benar dan penghitungan laba dalam proses perdagangan susu dengan tajuk demo kepada warga masyarakat yang tinggal diwilayah kelurahan Cemengkalang yang notabene bermata pencaharian sebagai pemerah susu dan peternak sapi. Menurut Kordes kelompok 48, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan potensi sumber daya manusia dengan berniaga melalui peternakan dan pemerahan susu yang memang menjadi komoditi utama di kelurahan Cemengkalang.
Acara baru dimulai pukul 8.45, kami turun dari lantai dua untuk menyaksikan, mendokumentasikan dan membantu sedikit banyak presentasi dari kelompok 48, mereka yang sengaja mengundang pedagang susu yang berpengalaman mengolah susu mentah menjadi susu olahan yang enak, mas Budi namanya. Mas Budi memperagakannya step by step, mula-mula susu segar yang masih mentah dituang kedalam wadah aluminium yang bersih lalu direbus dengan api kecil sambil diaduk terus menerus, lalu setelah mendidih api dimatikan. Setelah itu gula dituangkan sambil terus diaduk agar mansinya merata, setelahnya susu dibiarkan dingin lalu dituangi perisa alami buah-buahan seperti melon, strawberry, coklat dan lain-lain agar rasanya bertambah nikmat. Terakhir susu dituangkan kedalam gelas dan dibagikan kepada tiap pengunjung termasuk kami. Luar biasa rasanya, tak ada yang lebih enak dibandingkan susu gratis ini.
Kini tiba saatnya kami mempresentasikan penyuluhan singkat mengenai KPJAS yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat mengenai keamanan pangan dan jajanan yang dikonsumsi oleh anak-anak. Sebagai pembicara rekan kami Wahyu Rian Hidayat dan Ariani Ika berkolaborasi dengan segala jurus pendekatan-pendekatan yang dilakukan untuk memikat perhatian pengunjung agar memperhatikan materi yang kami berikan. Penyuluhan berlangsung selama dua puluh menit, setelah penyuluhan berakhir dan pengunjung meninggalkan lokasi acara, kami membantu kelompok 48 berberes sebelum akhirnya kami berpamit pulang untuk melanjutkan aktivitas lain.
Demikian rangkaian kegiatan kami pada hari ini yang dapat kami deskripsikan secara singkat. Kami mengucapkan terima kasih kepada kelompok 48 yang telah sudi mengundang dan memberikan kesempatan pada kami untuk mengambil bagian dalam kegiatan intinya. Atas segala kekurangan dan kesalahan kami mohon maaf, akhir kata Salam Sapta !! Saatnya Berkarya !!


0 komentar

Posting Komentar