Minggu, 21 September 2014

Sowan Dikediaman Bu Efi Ambar Pertiwi S.Pd

Minggu, 21 September 2014.
Assalamualaikum warohmah wabarokah, Salam Sapta !! Saatnya Berkarya !!
Dalam kesempatan kali ini kami akan mengunggah artikel yang menceritakan tentang kedekatan kami terhadap guru-guru SDN Boro, lokasi KKN kami. Keakraban yang tumbuh seiring berjalannya waktu membuahkan kekeluargaan yang erat, mungkin pepatah “wiwiting tresno jalaran soko kulino” dapat mewakili tentang apa yang terjadi diantara kami. Sosok guru yang akan kami ulas ini adalah salah satu dari empat belas guru yang sangat dekat dengan kami. Ya, kami akan mengulas guru kelas 5A SDN Boro, yakni ibu Efi Ambar Pertiwi S.Pd yang mengundang kami secara khusus untuk datang ke kediamannya pada hari Minggu, 21 September 2014. Berikut rangkuman lebih lengkapnya :
Seusai menghadiri undangan dari kelompok 48 yang mengadakan kegiatan pelatihan pengolahan susu di balai kelurahan Cemengkalang kecamatan Sidoarjo, kami langsung menuju lokasi “kegiatan” kami selanjutnya di daerah Ketapang kecamatan Tanggulangin. Kegiatan kami kali ini terbilang santai, sebab ini bukanlah kegiatan inti melainkan sowan ke kediaman salah satu guru yang mengajar dilokasi KKN kami, SDN Boro No.523. Ya, kami sowan ke kediaman ibu Efi Ambar Pertiwi S.Pd untuk memenuhi undangan beliau.
Sesampai dikediaman bu Efi, kami disambut hangat oleh tuan rumah. Disana kami dipersilahkan masuk kedalam rumah namun kami lebih memilih duduk lesehan diteras, semilir angin yang sejuk membuat kami ingin berlama-lama disini, rumah bu Efi terletak ditengah perkampungan yang asri dan sejuk khas suasana pedesaan. Tak berapa lama bu Efi keluar dengan membawa beberapa dua piring besar yang masing-masing berisi ikan goreng dan ikan bakar. “ini hasil ibu memancing tadi pagi” jelas beliau seraya melontarkan senyumnya dan kembali masuk kedalam rumah. Memang pada awalnya kami diajak oleh beliau dan keluarga untuk memancing didaerah porong untuk sekedar refreshing melepas penat setelah kegiatan lomba kantin sehat B2SA yang diadakan tiga hari lalu tepatnya Kamis, 18 September 2014 (baca : lomba kantin B2SA TP.PKK Sidoarjo). Sangat disayangkan, kami tidak dapat ikut memancing karena pagi harinya kami harus ada kegiatan lain bersama kelompok 48, akhirnya kami hanya bisa menikmati hasil pancingan bu Efi dan keluarga.
Beberapa lama kemudian bu Efi keluar membawa dua cobek sambal dan lalapan, menyusul dibelakang beliau ada seorang gadis yang membawa sebakul nasi dan sepanci minuman dingin. Setelah semua yang ada didapur bu Efi berpindah diteras ini, bu Efi kemudian duduk membaur dengan kami dan mempersilahkan kami menikmati hidangan yang beliau sediakan sembari memperkenalkan anggota keluarganya, ternyata gadis itu adalah putri beliau bernama Qurotull Aini yang kini berdinas di Kepolisian Daerah Jawa Timur sebagai anggota korps polisi wanita. Karena sudah dipersilahkan oleh si empunya rumah akhirnya kami menyantap makanan yang tersedia sambil bercengkrama dengan keluarga bu Efi, bagai keluarga sendiri, bagai rumah sendiri, itulah yang kami rasakan mungkin saking nyamannya berada disini.
Setelah kami selesai makan, kami membantu bu Efi untuk berberes peralatan makan yang telah terpakai, lalu kami mengambil wudlu untuk menunaikan sholat dzuhur secara bergantian. Setelahnya kami kembali ke teras rumah untuk sekedar duduk-duduk dan ngobrol santai. Disela obrolan kami melihat banyak pepohonan yang terhampar dipekarangan depan rumah bu Efi, bu Efi menjelaskan satu persatu pohon yang ada seraya menunjuk dengan jari telunjuk beliau mulai dari pohon yang terletak diujung kanan “itu pohon mangga santok” jelasnya, kami melihat pohon mangga itu sudah ada yang berbuah, “ambil aja nak kalau mau, mumpung disini” lanjut beliau mempersilahkan kami, kami pun tak sungkan untuk memetik buah mangga yang menggugah selera itu, segera kami mengambil galah dan mulai merogoh satu persatu mangga yang menurut kami sudah masak. Bahkan rekan kami Wahyu Rian Hidayat memanjat pohon untuk memetik mangga yang letaknya tak terlalu tinggi. Beberapa mangga kemudian, kami menikmati mangga yang telah terkumpul bersama-sama. Tak terasa hari mulai senja, kini waktunya kami pamit pada bu Efi dan keluarga untuk melanjutkan aktivitas kami yang lain.

Demikian cerita singkat kami bersama guru pengajar SDN Boro, ibu Efi Ambar Pertiwi S.Pd yang dapat kami rangkum dalam bentuk narasi deskriptif dan kami publikasikan melalui blog ini. Kami mengucapkan terima kasih kepada ibu Efi beserta keluarga yang telah berkenan mengundang kami untuk bersilaturahmi ke kediaman beliau, suatu kerhomatan bagi kami mendapat kesempatan ini. Akhir kata Salam Sapta !! Saatnya Berkarya !!

Foto-foto terkait :






0 komentar

Posting Komentar