Jumat, 26 September 2014

Sosialisasi dan Pembekalan Dokter Kecil SDN Boro support by Univ. Wijaya Kusuma, Puskesmas Tanggulangin, dan PONKESDES

Jumat, 26 September 2014.
Assalamulaikum warohmah wabarokah. Salam Sapta !! Saatnya Berkarya !!
Dalam kesempatan kali ini kami akan mendeskripsikan tentang kegiatan kami yang terselenggara atas adanya kerjasama antara kami, Sapta Posdaya dan SDN Boro bersama dokter muda Universitas Wijaya Kusuma, Puskesmas Tanggulangin, dan Pondok Kesehatan Desa (PONKESDES) Boro. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan 30 dokter kecil SDN Boro yang telah ditunjuk oleh pihak sekolah untuk mengikuti lomba Unit Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat Provinsi Jawa Timur mewakili seluruh SD se-kecamatan Tanggulangin. Berikut paparan lebih jelasnya :
Pagi-pagi empat anggota Sapta Posdaya Anggayana SP, Agus Aprianto, Wahyu Rian Hidayat, Laili Ratnawati berangkat menuju SDN Boro No.523, Lokasi KKN kami dari basecamp kami yang terletak tak jauh dari lokasi. Sesampai disana ternyata petugas Puskesmas Tanggulangin sudah berada dilokasi, sesaat kemudian perwakilan Ponkesdes datang diikuti kakak-kakak dokter muda dari Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Ya, hari ini memang kami akan berkegiatan bersama tiga lembaga tersebut untuk memberikan pembekalan dan sekaligus sosialisasi pada tiga puluh siswa binaan yang ditunjuk oleh sekolah untuk menjadi dokter kecil dan mewakili SDN Boro dalam lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat Provinsi Jawa Timur.
Menurut bpk Sukamto, pengurus UKS SDN Boro dan Kepala Sekolah SDN Boro, bpk Sulaiman. Ditunjuknya SDN Boro sebagai wakil kecamatan Tanggulangin dalam lomba ini tak lepas dari kontribusi dari mahasiswa KKN Sapta Posdaya, sebab Sapta Posdaya telah memprakarsai pengadaan kantin sehat yang mana salah satu kriterianya adalah wajib memiliki saluran cuci tangan. Dalam hal ini mendorong SDN Boro untuk membangun saluran sanitasi secara masal disetiap kelas, dan pengaktifan kembali Usaha Kesehatan Sekolah yang sempat disfungsional karena terbatasnya fasilitas. Syukur Alhamdulillah, ternyata begitu besar manfaat hasil pengabdian kami.
Setelah sedikit berbincang dengan pak Kamto dan pak Sulaiman, kami bergegas membantu persiapan acara. Tepat pukul 9.15 acara ini dimulai dengan sambutan Kepala Sekolah dilanjutkan sambutan perwakilan petugas Puskesmas Tanggulangin, dalam sambutannya perwakilan petugas Puskesmas, ibu Nur Amd.Keb juga memperkenalkan kakak-kakak dokter muda Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.
 Selanjutnya, pembekalan diberikan dimulai dari materi yang disampaikan oleh ibu Almaidah, petugas pelaksana gizi Puskesmas Tanggulangin, beliau menjelaskan mengenai kebutuhan gizi anak-anak dan pelatihan pengisian KMS (Kartu Menuju Sehat) bagi peserta. 
Setelah beliau, pemberi materi selanjutnya ialah ibu Nur Amd.Keb dan Wahyu Rian Hidayat yang menjelaskan tentang tujuh langkah cuci tangan, pentingnya sarapan pagi untuk anak sekolah dan delapan gol UKS. 
Dilanjutkan dengan materi mengenai HIV-AIDS cara penularannya hingga pencegahan yang bisa dilakukan yang disampaikan oleh dr.Andre, dokter muda Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Dalam sesi ini terjadi interaksi antara pemateri dengan adik-adik dokter kecil, pertanyaan demi pertanyaan terlontar “berbahayakah HIV itu kak ?” tanya Syailendra, salah satu peserta pembekalan. dr.Andre  pun menjelaskan secara mendetail. Setelah dr.Andre mempresentasikan materi HIV-AIDS, kini giliran drg.Syifa mempresentasikan tentang kesehatan gigi yang merupakan sesi terakhir dalam pembekalan kali ini.
Setelah seluruh materi diberikan, usai sudah serangkaian acara pembekalan pada hari ini. Sebelum para tamu dari tiga kelembagaan pamit, kami menyempatkan untuk mengambil dokumentasi dengan berfoto bersama. Setelah itu kami menuju kantin sehat untuk membahas lomba kantin sehat kelanjutan dari lomba kantin B2SA yang dilaksanakan tanggal 20 Oktober 2014 mendatang bersama bu Aini dan bu Efi.
Demikian narasi deskriptif yang menceritakan mengenai kegiatan yang kami lakukan pada hari ini, Jumat 26 September 2014 yang dapat kami rangkum dan kami publikasikan melalui blog ini sebagai laporan rutin pada LPPM dan referensi bagi pembaca. Sebelum kata penutup terlebih dahulu kami menyampaikan ucapan terima kasih pada bapak/ibu petugas Puskesmas kecamatan Tanggulangin, ibu petugas Ponkesdes Boro dan Kakak-kakak dokter muda Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Sekian yang dapat kami sampaikan untuk segala kekurangannya kami mohon maaf, akhir kata Salam Sapta !! Saatnya Berkarya !! wassalamualaikum warohmah wabarokah.

Foto-foto terkait : 












0 komentar

Posting Komentar